pulau komodo nusa tenggara

15 Tempat Wisata Labuan Bajo Selain Pulau Komodo

Posted on

Tempat wisata di Labuan Bajo, Labuan Bajo sendiri ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang terkenal di Indonesia bahkan sudah mendunia dan khusus untuk artikel ini kami akan membuatkan beberapa ringkasan mengenai berbagai tempat wisata terbaik di Labuan Bajo.

Labuan Bajo merupakan ibukota dari manggarai Barat nusa Tenggara Timur. Letak dari Labuan Bajo ini tepat di ujung pulau Flores paling barat. Mayoritas warga dari Labuan Bajo Memiliki pekerjaan nelayan dan juga kebiasaan laut.

Sungguh indah apabila anda telah mengunjungi Labuan Bajo maupun Nusa Tenggara Timur. Labuan Bajo sendiri merupakan satu titik kumpul bagi semua orang yang ingin berlibur ke Pulau Komodo Pulau Rinca maupun keseluruh Nusa Tenggara di Indonesia.

Pelabuhan bajoe sendiri memiliki bandara internasional dan juga pelabuhan yang biasa menjadi tempat berlabuh kapal-kapal wisata baik dalam negeri maupun luar negeri.

Nah kami akan memberikan catatan sedikit mengenai berbagai tempat wisata yang ada di Labuan Bajo diantaranya sebagai berikut:

1. Pulau Komodo

pulau komodo nusa tenggara

Pulau Komodo merupakan pulau tersendiri dari kepulauan Labuan Bajo anda perlu menyeberang namun masih dalam satu Kompleks di Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur.

Pulau Komodo ini merupakan tempat bagi spesies Komodo yang masih hidup saat ini masih tersisa sekitar 2500 ekor komodo yang terletak di pulau Komodo.

Komodo Pulau Komodo juga menawarkan keindahan serta pulau-pulau kecil yang mengelilinginya disamping itu pesona wisata pantai dengan air laut yang berwarna biru menjernih dan tentunya masih sangat bersih.

Pada tahun 1980 di Pulau Komodo dibangun taman Nasional komodo, taman Nasional ini bertujuan untuk melindungi dari kepunahan serta melindungi flora yang terletak di Kepulauan Komodo. Komodo sendiri diakui secara internasional dan UNESCO secara resmi telah mengakui Pulau Komodo sebagai salah satu situs warisan dunia dan masuk dalam 7 wonders.

Untuk Taman Nasional Komodo ini terdiri dari berbagai macam Pulau seperti Pulau Komodo itu sendiri Pulau Rinca serta pulau-pulau kecil yang lain.

2. Pulau Rinca

pulau rinca labuan bajo

Pulau Rinca merupakan salah satu gugusan pulau yang ada di Kepulauan Komodo.

Di Pulau Rinca ini sendiri juga ada beberapa spesies komodo yang hidup namun ada perbedaan Apabila dibandingkan dengan komodo yang ada di Pulau Komodo.

Komodo dari pulau Rinca cenderung lebih kecil ukurannya daripada Komodo yang terletak di pulau Komodo.

Ada sekitar 1500 ekor komodo yang hidup di Pulau Rinca.
Banyak sekali wisatawan yang datang ke pulau Rinca karena jaraknya yang lebih dekat dari Labuan Bajo dan juga ada beberapa lokasi wisata yang sangat menarik ada gunung ora dengan ketinggian 670 mdpl.

Kegiatan lain yang dapat dilakukan di Pulau Rinca adalah penanaman tanaman bakau, apabila anda suka dengan kegiatan ini. Anda dapat mengikutinya dengan biaya keikutsertaan Rp150.000 per orang dan setiap bibit bakau yang anda terima akan mendapatkan label nama anda sendiri.

Perjalanan menuju Pulau Rinca dari Labuan Bajo memakan waktu 2 jam dan menggunakan kapal sewaan. Dermaga yang ada di pulau Rinca namanya Dermaga loh buaya sementara untuk harga tiket masuk Pulau Rinca cuma Rp25.000 per orang.

3. Gili Laba

gili laba labuan bajo

Merupakan salah satu pulau kecil yang ada di Pulau Komodo Taman Nasional Komodo.
Sayang sekali apabila kamu datang ke Labuan Bajo dan belum mengunjungi Pulau Gili labak ini karena dimakan merupakan salah satu Spot terbaik di Labuan Bajo yakni hamparan pasir putih dan juga birunya air laut yang terlihat dari atas bukit.

Untuk mencapai puncak Khilafah Anda harus mendaki secara langsung dan tentunya persiapkan semua persiapan seperti fisik dan juga bakal namun setelah sampai di puncak semua kelebihan dan kecapekan akan terbayarkan melihat indahnya pesona alam Gili laba.

Baca Juga :

4. Air terjun cunca wulang

Air Terjun Cunca Wulang labuan bajo

Keunikan dari air terjun yang terletak sekitar 200 meter diatas permukaan laut ini adalah seperti Green Canyon namun dalam versi yang lebih kecil.

Air terjun ini dikelilingi batuan yang dapat didaki karena batuan tersebut tidak tajam.

Air terjun ini cocok banget Bagi anda yang suka loncat dari ketinggian untuk kemudian berenang di dalam kolam air.

Namun semua kegiatan Adventure ini harus di dampingi oleh guide yang profesional dan saran apabila bermain di musim kemarau.

Perlu diperhatikan Apabila Anda ingin bermain di air terjun ini tersimpan baik-baik untuk membawa bekal dan juga stamina karena dari Labuan Bajo sekitar 30 km dan dari Desa terdekat anda perlu Menyusuri hutan untuk sampai di air terjun ini.

5. Pulau Padar

 

Pulau padar merupakan salah satu pulau terkenal di samping Pulau Komodo namun bedanya di Pulau padar tidak terdapat sama sekali hewan komodo Yang ada hanyalah rumput dan bebatuan.

Untuk sampai disini Anda memerlukan untuk menyewa atau perahu dan perlu juga nahkoda yang berpengalaman.

Pulau padar ke utamanya adalah tetap di puncak pulaunya bisa melihat keindahan alam serta lautnya dan juga beberapa pulau yang mengitari pulau padar.
Disarankan apabila melakukan tracking lebih baik menggunakan sepatu khusus tracking daripada sandal.

6. Gua rangko

gua rangko

Gua rangko merupakan salah satu gua yang terletak di desa ranggo Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Barat. Di dalam gua ini terdapat air laut yang biru jernih dan juga pemandangan khas di dalam gua yaitu adanya stalaktit yang berada di atas kolam air.

Itu tadi beberapa tempat yang ada di Labuan Bajo Apabila Anda ingin Overland di Labuan Bajo lebih baik untuk menyewa kendaraan atau sewa mobil Labuan Bajo untuk unit anda ada bervariasi tentunya tinggal memilih kebutuhan kendaraan yang anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *