Tempat Wisata Alam di Banyuwangi Yang Paling Bagus Terbaru

Ada di Banyuwangi? 15 Tempat Wisata Ini yang Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

Tempat Wisata Terlengkap di Banyuwangi – Banyuwangi merupakan sebuah kabupaten yang terdapat di Jawa Timur. Kabupaten Banyuwangi sangat mudah ditemukan di dalam peta karena letaknya berada di paling ujung timur pulau Jawa. Meski jauh dari pusat pulau Jawa, Banyuwangi termasuk salah satu tempat yang paling istimewa. Bagaimana tidak? Berbagai tempat indah bagaikan serpihan surga bisa kamu temukan di sana. Jadi, sangat sayang jika kamu belum pernah berlibur ke sana. Minimal, sekali seumur hidup cobalah menjelajahi wisata Banyuwangi yang benar-benar istimewa.

Berbagai tempat istimewa memang banyak sekali ditemukan jika kamu berkunjung ke daerah Banyuwangi. Buat kalian pecinta wisata air? Ada banyak pantai menakjubkan yang terdapat di sana. Belum lagi savana yang indah yang sangat sayang untuk dilewatkan. Kalian suka dengan ketinggian? Gunung-gunung yang megah dan indah siap memanjakan mata. Dan masih banyak lagi tempat-tempat luar biasa. Yang pasti Banyuwangi bakal menjadi surga bagi para traveller.

Tempat Wisata Alam di Banyuwangi Yang Paling Bagus Terbaru

Tempat Wisata di Banyuwangi

Ada beberapa tempat populer yang sering dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Air Terjun Jagir

air terjun jagir banyuwangi

Air terjun adalah wisata alam yang sangat sejuk. Bagi kalian yang suka dengan wisata air, air terjun Jagir ini bisa menjadi salah satu wisata alam di Banyuwangi untuk dikunjungi. Jika kamu berkunjung ke Banyuwangi, silahkan datang ke kampung Anyar di desa Taman Suruh kecamatan Glagah. Di lokasi ini, tidak hanya terdapat 1 air terjun. Kamu bisa menikmati 3 air terjun sekaligus. Biasanya, masyarakat sekitar menyebutnya air terjun kembar. Ada juga yang menyebutnya air terjun saudara. Bahkan kadang ada sebutan lain untuk mendeskripsikan 3 air terjun ini.

  1. Wisata Mangrove Blok Bedul

Masih berkaitan dengan wisata alam, kalian juga bisa berkunjung ke hutan Mangrove yang terletak di Dusun Bloksolo yaitu di desa Sumbersari kecamatan Purwoharjo. Sebenarnya, hutan mangrove ini masuk di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Saat ini, wisata yang ada di blok Bedul ini memiliki pesona tersendiri bagi para wisatawan. Bagaimana tidak, berkunjung ke sini akan serasa seperti menyusuri Sungai Amazon yang ada di Brazil. Tidak berlebihan memang, karena keindahannya begitu luar biasa.

  1. Bangsring Underwater

Wisata di atas laut? Sudah biasa! Coba sekali-kali berwisata di bawah laut. Tak perlu jauh-jauh ke Raja Ampat yang terkenal keindahan bawah lautnya, Banyuwangi pun punya wisata bawah laut yang begitu elok. Wisata di Banyuwangi ini bernama Bangsring Underwater. Lokasinya berada di desa Bangsring yaitu di kecamatan Wongsorejo. Di sini, kamu akan dibuat kagum dengan indahnya pemandangan terumbu karang di bawah laut. Ditambah lagi dengan warna-warni ikan yang luar biasa cantiknya. Snorkeling adalah aktivitas paling menyenangkan di wisata bawah air ini. Sekali mencoba, dijamin kamu tak ingin pulang.

Baca Juga : 

Wisata Anti Mainstream di Banyuwangi

Apakah cuma tempat-tempat di atas yang menarik? Tentu saja tidak. Mungkin kalian berpikir tentang pantai. Namun pantai sudah terlalu mainstream. Ada beberapa wisata anti mainstream yang perlu kamu coba:

  1. Wisata Kali Badeng

Bagi kamu yang suka tantangan, cobain datang ke kali Badeng. Wisata di Banyuwangi ini merupakan sebuah sungai yang memiliki debit air cukup besar. Debit air itu asalnya dari Gunung Raung. Wisata ini cukup menantang karena banyak batuan kecil maupun besar sehingga arus sungai terasa semakin asyik. Sangat menyenangkan bermain air di sini khususnya rafting. Ditambah lagi hamparan hutan pinus di sekeliling sungai sehingga suasana menjadi sangat sejuk.

  1. Savana Sadengan
Baca Juga :   Wisata Pantai Pancur, Eksotisme Alam Tersembunyi Di Alas Purwo Banyuwangi

Sesekali, cobalah mengunjungi savana di Banyuwangi. Savana ini bernama Savana Sadengan. Dengan luas mencapai 80 hektar, daerah ini masih termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Alas Purwo. Apa menariknya tempat ini? Di savana ini, kamu dapat berinteraksi dengan bermacam-macam satwa yang unik? Sebut saja macan tutul, kijang, ajag, rusa, banteng, serta bermacam-macam spesies burung yang cantik. Benar-benar wisata yang anti mainstream, bukan?

  1. Taman Wisata Savana Baluran

taman savanna baluran
Selain Savana Sadengan, ada juga savana lain yang termasuk wisata kabupaten Banyuwangi yaitu savana Baluran. Saat berkunjung ke tempat ini, kamu akan serasa berada di savana Afrika. Itulah kenapa tempat ini sering disebut sebagai Afrika-nya Indonesia. Jangan ngaku sebagai petualang sejati jika belum pernah berkunjung ke sini. Minimal, cobalah jalan-jalan ke tempat ini sekali dalam seumur hidup agar tidak penasaran. Layaknya berada di savana di Afrika, kalian dapat menjumpai pemandangan hijau yang elok luar biasa. Di savana ini, kamu juga kadang bertemu dengan hewan-hewan berkeliaran secara bebas. Misalnya saja rusa, monyet, kerbau, maupun berbagai macam burung yang indah warna serta bentuknya.

  1. Kawah Ijen

Ingin melihat indahnya semburan api berwarna biru? Kawah Ijen adalah tempatnya. Kawah ini memang terkenal dengan semburan apinya yang berwarna biru serta belerang-belerang di sekitarnya. Tidak seperti wisata pada umumnya yang mudah dinikmati, kamu harus berjuang ekstra keras untuk bisa menikmati keindahan wisata ini. karena letaknya di atas, diperlukan waktu sekitar 4 hingga 5 jam untuk mendakinya. Semburan api biru yang biasa disebut blue fire juga tak bisa dinikmati setiap saat. Hanya tengah malam api biru itu akan terlihat.

Baca Juga :

Keindahan Pantai di Banyuwangi

Liburan ke Banyuwangi rasanya tak lengkap jika melewatkan wisata pantai. Pantai di Banyuwangi tak kalah indah dibandingkan dengan pantai-pantai di Bali maupun di Yogyakarta. Apa saja pantai yang wajib dikunjungi?

  1. Pantai Rajegwesi

Pantai biasanya identik dengan tempatnya yang panas. Namun tidak dengan pantai ini. pantai Rajegwesi sangat asri dan rindang karena dikelilingi pohon-pohon besar di sekitarnya. Selain itu, pasirnya yang putih menjadi daya tarik tersendiri. Bukan itu saja, air lautnya begitu jernih hingga terlihat biru. Sebenarnya, tempat ini sering dipakai untuk pangkalan kapal para nelayan. Tapi hal itu tak membuat pantai ini berkurang daya tariknya. Keindahannya bagaikan surga yang tersembunyi.

  1. Pantai Parang Kursi

Kawasan pantai ini memang kalah asri dibanding pantai Rajegwesi. Tapi bukan berarti pesonanya boleh dipandang sebelah mata. Pantai ini tergolong unik dengan bibir pantainya yang begitu luas. Kamu bisa bermain sepuasnya di sepanjang pasir pantai ini. Pantai ini diberi nama parang kursi karena terdapat bebatuan yang bentuknya mirip sebuah kursi singgasana. Bebatuan tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri dan sering dijadikan spot untuk selfie para wisatawan.

  1. Pantai Sukamade

Wisata pantai di Banyuwangi memang tak ada habisnya. Ada sebuah pantai unik yang indah yaitu pantai Sukamade. Pantai ini juga sering disebut dengan istilah istana penyu. Disebut demikian karena memang terdapat 4 spesies penyu di pantai ini. Padahal, hanya ada total 6 spesies penyu yang tersebar di dunia ini. 4 spesies penyu tersebut meliputi penyu hijau, penyu sisik, penyu belimbing serta penyu slengkrah. Penasaran dengan uniknya istana penyu ini? Kamu pasti menyesal jika melewatkan pantai yang satu ini.

  1. Pantai Watu Dodol
Baca Juga :   4 Tempat Wisata di Lombok Nusa Tenggara Barat

Pantai ini sudah cukup modern dan terkenal di daerah Banyuwangi. Selain karena keindahan yang bisa dinikmati, pantai ini juga sudah mempunyai bermacam-macam fasilitas untuk para pengunjung wisata. Apa yang menarik dari pantai ini? Salah satu yang paling mengagumkan adalah landscap di seberan lautan di mana tampak pulau Bali. Jangan hanya dibayangkan, ayo kunjungi pantai Watu Dodol yang ada di Banyuwangi ini.

  1. Pantai Wedi Ireng

Kebanyakan pantai yang terdapat di Banyuwangi adalah berpasir putih. Namun di pantai ini, kamu justru akan disuguhi dengan batuan-batuan besar yang berwarna hitam. Pemandangan tebing yang berada di sepanjang pantai Wedi Ireng tak henti-hentinya akan terus memanjakan mata. Saking indahnya, banyak orang bilang kalau pantai Wedi Ireng ini mirip seperti Raja Ampat. Yang pasti, hal ini tak berlebihan karena memang keindahan yang ditawarkan begitu menakjubkan, seperti halnya Raja Ampat di Papua.

  1. Pantai Plengkung / G Land

Satu lagi pantai di Banyuwangi yang menjadi destinasi wajib para traveler. Pantai yang dimaksud ialah pantai Plengkung. Pantai ini sudah sangat terkenal hingga ke luar negeri karena memang tempat ini sering menjadi destinasi surfing internasional. Di pantai ini, kamu bisa menikmati udaranya yang semilir. Tak hanya itu, pemandangan alamnya begitu ciamik membuat semua orang betah berlama-lama di pantai ini. Ingin mencari spot berburu sunrise dan sunset? Pantai ini juga sangat rekomended.

Percampuran Budaya di Banyuwangi

Jangan dikira wisata di Banyuwangi hanya mencakup wisata-wisata alam saja. Memang kebanyakan orang lebih suka berkunjung ke wisata alam. Setelah membahas banyak tentang pantai Banyuwangi, kini kita beralih ke wisata budaya. Indonesia dikenal dengan berbagai budayanya. Setiap daerah memiliki budaya yang berbeda-beda. Jadi, jangan sampai melupakan budaya daerah di Banyuwangi saat mengunjunginya. Memangnya apa yang menarik dari budaya di Banyuwangi? Coba deh perhatikan dulu percampuran budaya Banyuwangi berikut ini. Siapa tahu kamu tertarik.

  1. Desa Adat Kemiren

Desa ada Kemiren menjadi salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang cukup unik. Maka, tak heran jika desa ini cukup populer. Oleh karena itu, sangan sampai kalian lupa mengunjunginya. Berbeda dengan desa lain pada umumnya di Banyuwangi, desa Kemiren mempunyai ciri khas tersendiri yang berasal dari budaya suku Osing. Penasaran dengan desa adat ini? Letaknya ada di kecamatan Glagah di kabupaten Banyuwangi. Saat tiba di sana, kamu akan langsung disuguhi rumah-rumah adat yang usianya sudah ratusan tahun. Wow, menakjubkan bukan? Tak hanya itu saja, kamu juga melihat pertunjukan tari yang dikenal dengan nama tari Barong Kemiren. Ada juga upacara Ider Desa yang hanya bisa kamu temui di desa adat Kemiren di Banyuwangi ini. dan masih banyak lagi tradisi-tradisi menarik di sana.

  1. Pertunjukan Tari Gandrung

Biasanya, setiap daerah mempunyai tarian khas masing-masing. Begitu juga dengan Banyuwangi. Salah satu tarian khas Banyuwangi adalah tari Gandrung. Bukan hanya tariannya saja yang unik, namun tarian ini juga menarik karena diadakan khusus di Pantai Boom saja. Jadi, kamu bisa berwisata alam sekaligus wisata budaya pada saat yang bersamaan. Untuk menuju pantai Boom, kamu bisa menggunakan transportasi apapun. Pantai ini tak jauh dari pusat kota sehingga mudah dicapai, baik menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Perpaduan wisata alam dan budaya ini menjadi sangat istimewa dan sangat berkesan. Yakin tidak mau melihatnya? Dijamin kamu bakal menyesal jika melewatkannya.

Baca Juga :   Pulau Merah di Banyuwangi : Kuta Kedua di Pulau Jawa

Hotel di Banyuwangi

Dengan banyaknya destinasi wisata di Banyuwangi, maka hotel-hotel, penginapan, homestay dan villa semakin menjamur di kabupaten Banyuwangi. Memang hal ini sangat wajar mengingat hotel maupun penginapan lain merupakan salah satu fasilitas paling penting khususnya bagi para wisatawan yang berasal dari luar kota. Tak kalah dengan hotel-hotel di kota besar lain, Banyuwangi juga memiliki berbagai hotel dengan fasilitas terbaik namun tetap dengan harga yang terjangkau. Lalu, hotel mana saja yang rekomended buat para wisatawan?

  1. Aryabhisma Homestay

Di atas kita sudah membahas tentang pantai Watu Dodol. Jika kamu tertarik pergi ke pantai itu tapi bingung mencari penginapan, datang saja ke homestay ini. Jaraknya hanya sekitar 17 km. Selain akomodasi yang ramah untuk hewan peliharaan, homestay ini juga menawarkan akses Wi-Fi gratis. Kamu juga bisa makan di restoran ataupun berjemur di teras dengan santai. Pokoknya, penginapan ini rekomended abis.

  1. Raflesia Homestay

Homestay ini bisa menjadi tempat penginapan yang istimewa dengan segala fasilitas yang ditawrkannya. Tempat ini cocok buat kamu yang ingin berkunjung ke pantai Rajegwesi namun butuh penginapan. Untuk mencapai homestay ini, kamu bisa datang ke dusun Rajeg Wesi RT 01 RW 01 yaitu di desa Sarongan kecamatan Pesanggrahan.

  1. Royal Hotel

Inilah salah satu hotel terbaik di Banyuwangi. Lokasinya sekitar 24 km dari pantai Wato Dodol dan 46 km dari Pantai Sukamade. Selain kamar-kamarnya yang ber-AC, kamu juga bisa menikmati Wi-FI gratis selama menginap di hotel ini. Harganya pun tak mahal. Hanya sekitar 300 ribuan rupiah. Ingin liburan asyik dan menginap di tempat yang nyaman? Ya Royal Hotel ini tempatnya.

  1. RITMA Guest House Syariah

Penginapan yang cocok untuk kalian yang ingin hotel dengan fasilitas syariah. Letaknya sekitar 800m dari Taman Sri Tanjung serta Taman Blambangan. Memang 2 tempat wisata ini belum kita bahas di atas. Namun tak ada salahnya untuk dikunjungi jika kamu menginap di hotel ini. Karena terletak di pusat kota, hotel ini sangat mudah ditemukan. Jaraknya sekitar 32 kilometer dari Pemuteran. Tak ingin ketinggalan dengan hotel-hotel lain, ada Wi-Fi gratis juga untuk para pengunjung. Bahkan tempat parkir gratis yang luas juga siap menampung kendaraan pribadimu.

  1. JC Homestay Jember

Homestay ini juga kami rekomendasikan karena harganya yang sangat murah. Cukup 100ribuan saja kamu sudah bisa menginap di homestay yang nyaman ini. Mau ke Pantai Sukamade, jaraknya sekitar 47 km dari homestay ini. Jadi, kamu bisa booking dulu tempat ini jika ingin berlibur ke Banyuwangi.

Masih banyak tempat wisata Banyuwangi yang bisa kamu jelajahi. Namun, setidaknya tempat-tempat di atas paling rekomended. Untuk masalah penginapan, tentu saja masih banyak sekali alternative lain. Jadi jangan takut tak dapat penginapan. Semua wisata di kabupaten Banyuwangi sangat menawan. Penginapan-penginapannya juga sangat nyaman. Karena keindahan yang dimilikinya itulah kenapa Banyuwangi bagaikan surga yang tersembunyi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *